Membeli Barang Online, Ini dia tipsnya!

Membeli Barang Online, Ini dia tipsnya!

Belanja online untung atau rugi? banyak banget orang yang merasa dikecewakan, bahkan dirugikan karena belanja online. Beberapa kasus menyampaikan barang yang dikirim sangat jauh dari ekspektasi, ada yang kekecilan, ada yang ternyata KW, ada yang bahannya berbeda dan banyak sekali masalah saat pembelian online. Belum lagi jika pembelian tidak dilakukan menggunakan marketplace, pastinya pelanggan akan merasa dirugikan karena sulit melakukan refund barang. Nah ini nih tips membeli barang online.

Untuk menghadapi penjual yang nakal, pembeli harus cerdas. Memilah dan memilih barang secara online agar tidak mudah tertipu.

Berikut tips membeli barang secara online yang bisa kamu lakukan:

1. Kenali situs Toko Online.

Sebelum membaca detail barang, pastikan terlebih dahulu situs toko online tempat kita membeli barang memiiki kredibilitas yang baik. Toko Online yang baik jika berjualan menggunakan Marketplace seperti shopee, tokopedia, lazada atau lainnya maka kita bisa dengan mudah melihat berapa banyak toko tersebut membalas chat pelanggan, berapa banyak ordera yang sudah dilayani, bahkan hingga kapan terakhir kali toko tersebut aktif. Biasanya, beberapa toko yang bagus ini juga memiliki akun sosmed dan toko offline sehingga bisa lebih meyakinkan ketika hendak membeli. Nah, jika kita berbelanja di Toko Online yang jualannya menggunakan social Media, ini yang bener bener perlu di lakukan tracking dengan baik. Lihat berapa banyak interaksi di Media Social penjual. Jangan tergiur hanya karena banyak testimoni bagus ataupun follower banyak ya.

2. Baca informasi detail barang

Setelah mendapatkan toko online yang kredibel selanjutnya cari barang yang ingin dibeli. Setelah mendapatkan barangnya pastikan deskripsi ukuran, warna, bahan dan apapun yang terkait dengan barang. Pastikan bahwa yang ingin di beli deskripsinya sudah sesuai. Baca juga kelengkapan produk yang akan didapat ketika kita membeli.

3. Cek Ratingnya dan Review

Cek Rating dan review pelanggan menjadi sangat penting. Saat hendak membeli barang tersebut beberapa marketplace memberikan rating bintang 1-5, pastikan rating barang yang kita akan beli bisa di 4 atau 5 Bintang. Selanjutnya, Cek Review dan Testimoni pelanggan lain. Biasanya pelanggan akan memberikan review dengan jujur bahkan di lengkapi foto baca minimal 10 Review dari yang memberi bintang 5 hingga 1. Pastikan gambar yang di kirim sesuai dan detail. Jika kita membeli barang ke toko online yang ada di media social, pastikan baca testimoninya. Jangan tergiur dengan postingan testimoni yang bagus bagus saja, bisa jadi itu hanya settingan yang di buat pelanggan. Baiknya cek juga siapa pemberi rating, jika di cantumkan nama pembeli atau akun pembelinya.

4. Jangan tergiur harga murah

Banyaknya penjual di Marketplace maupun sosial media, banyak yang menawarkan barang dengan harga yang sangat beragam. Sebagai pembeli, kita seringkali mudah tergiur dengan harga. Hal ini cukup berbahaya, karena kata kata “Ada Harga, Ada Rupa” nampaknya memang terjadi didunia penjualan online. Banyaknya persaingan membuat beberapa penjual menurunkan kualitas atau merubah produknya menjadi KW untuk bisa menjual dengan harga murah dan mendapatkan banyak pelanggan. Jadi, buat kamu harus hati hati jika ada harga murah yang sangat tidak wajar.

5. Lakukan COD

Jika pembeli masih belum yakin dengan produk yang dijual. Alangkah baiknya melakukan pembayaran secara COD “Cash On Delivery” atau bayar ditempat. Hal ini untuk menghindari penipuan pada saat belanja online. Saat melakukan COD pembeli bisa mengecek barang terlebih dahulu jika sudah sesuai ekspektasi baru lakukan pembayaran.

6. Pastikan Pembayaran Resmi

Jika tidak bisa melakukan pembayaran secara COD. Untuk yang berbelanja di Social Media pastikan melakukan pembayaran di Rekening yang sesuai dengan nama penjual dan bank yang familiar. Hal ini untuk menghindari terjadi penipuan setelah pembayaran. Lebih baik lagi, jika transaksi dalam jumlah besar. Maka minta KTP penjual untuk lebih meyakinkan dan menjadi pegangan ketika terjadi penipuan.

Nah, saran saja untuk pelanggan yang ingin belanja lebih baik menggunakan marketplace. Jika terjadi masalah saat barang datang, bisa mengajukan permohonan refund. Dan dapat dipastikan penjual akan respon karena takut jika akan di Suspend dari marketplace tersebut.

7. Gunakan Jasa Kirim Paket yang terpercaya

Gunakan Jasa Pengiriman Paket yang Familiar. Pastikan mendapatkan nomer Resi, Tracking, dan update informasi secara berkala atau lifetime. Lebih baik lagi, jika Jasa Kurir yang dipilih memiliki kantor/ gudang di dekat rumah sehingga lebih mudah jika terjadi kemungkinan salah antar atau bahkan tidak diantar dalam waktu yang cukup lama.

Baca juga : Masa depan xiaomi!

Selamat berbelanja Online, semoga kalian bisa mendapatkan produk dengan harga yang sesuai kantong dan barang yang sesuai ekspektasi. Happy Shopping!!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *